Antioksidan Keluarga Berry Part 1

Strawberry


Berbentuk seperti jantung dan berwarna merah. Rasanya asam-asam segar, tapi kalau mendapatkan strawberry dengan kualitas yang baik rasanya manis dan segar meskipun tetap tertinggal sedikit rasa asam.
Warna merahnya sangat cantik menggoda karena kandungan pigmen antosianin dan juga antioksidan yang tinggi.

Berikut adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada buah strawberry :

  • pigmen : Antocyanin (4 bentuk pelargonidin dan 1 bentuk cyanidin)
  • phytochemical lainnya : asam ellagic, asam caffeic, asam ferulic, glutathione, lignan
  • kandungan vitamin dan mineral setiap penyajian (8 bh strawberry ukuran sedang) : vitamin C (140%), folat (7%), potasium (7%), zat besi (4%), kalsium (2%)
  • kandungan serat setiap penyajian : 14%
  • skor ORAC (kandungan antioksidan) : 1.540

Kalau mendengar kata ‘antioksidan’, pikiran kita pasti langsung terbayang akan banyaknya manfaat di balik sebutir buah strawberry ini. Selain antioksidan, strawberry juga mengandung vitamin C yang tak kalah dengan jeruk. asam folat, serat, potasium, serta asam ellagic.

Delapan buah strawberry sehari mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda plus vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa tiap hari.  Kandungan asam ellagic pada strawberry bisa memperlambat aktivitas sel kanker.
Daun strawberry mengandung zat astringent. Zat astringent ini efektif meredakan serangan diare. Dengan meminum tiga hingga empat cangkir air rebusan daun strawberry tiap hari hingga diare reda.

Raspberry


Raspberry termasuk dalam keluarga mawar. itu sebabnya mereka tumbuh di semak-semak lebat dengan duri tajam. Raspberry merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak antioksidan. Buah ini mengandung asam ellagic pelawan kanker yang juga ada pada strawberry– hanya 50 % lebih banyak. Buah ini juga mengandung serat dua kali lebih banyak daripada stawberry. Selain itu, raspberry juga mengandung banyak vitamin C dan folat. berikut gambaran singkat kandungan antioksidan raspberry :

  • pigmen : Antocyanin (4 bentuk pelargonidin dan 1 bentuk cyanidin)
  • phytochemical lainnya : asam ellagic, asam caffeic, quercetin, kaempferol, asam benzoic, asam cinnamic, asam ferulic, geraniol, asam salicylic
  • kandungan vitamin dan mineral setiap penyajian (satu mangkuk) : vitamin C (52%), vitamin A (3%), folat (8%), potasium (5%), zat besi (4%), kalsium (4%)
  • kandungan serat setiap penyajian : 34%
  • skor ORAC (kandungan antioksidan) : 1.220

Satu-satunya kekurangan raspberry adalah buah ini sangat rapuh dan cepat busuk. Untuk penyimpanan terbaik, tata raspberry yang belum dicuci ke wajan dangkal, lalu batasi serbet kertas dan dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan mencuci raspberry sampai benar-benar akan dimakan.

sumber : Josheph, James A. 2008. Diet Sehat dengan Kode Warna Makanan. Jakarta: Mizan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s